6 Jenis Investasi yang Bisa Dilakukan Meski Gaji Kecil

Berinvestasi merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin cepat kaya. Pada era teknologi yang semakin maju, bermunculan ragam jenis investasi yang bisa dicoba dengan modal minim namun menghasilkan untung yang besar. Selain itu jenis investasi ini bisa dilakukan bagi masyarakat dengan gaji kecil.

Berani mengambil risiko adalah kunci yang harus dimiliki sebelum memulai untuk berinvestasi. Berikut 6 jenis investasi yang tetap bisa Anda lakukan meski memiliki gaji kecil.

Peer to Peer Lending

Peer to Peer Lending atau lebih dikenal sebagai P2P Lending adalah sebuah platform yang menghubungkan pemberi pinjaman (investor) dengan penerima pinjaman (debitur) secara online.Sama halnya dengan Kredit Tanpa Agunan, Peer to Peer Lending tidak mensyaratkan jaminan atau agunan atas pinjaman dana yang diberikan.

P2P lending paling menguntungkan memungkinkan setiap individu mengajukan pinjaman atau memberikan pinjaman untuk berbagai kebutuhan tanpa menggunakan jasa dari lembaga keuangan, seperti bank atau koperasi sebagai perantara.

Emas

Kenaikan harga emas dari tahun ke tahun sangat liquid. Jika nilai uang berubah karena inflasi, sementara emas nilainya akan tetap sama. Harganya justru akan terus naik. Oleh sebab itu emas tetap menjadi produk investasi idola dan menjanjikan.

Nah, cara mudah untuk berinvestasi emas saat gaji Anda rendah adalah ikutlah tabungan emas pegadaian. Konsep tabungan ini sederhana, setiap uang yang ditabung akan dikonversikan menjadi emas yang sesuai harga saat itu. Buku tabungannya pun bukan rupiah tapi gram.

Reksadana

Tak hanya emas, reksadana juga menjadi salah satu instrumen investasi yang dapat dilakukan saat bergaji kecil. Selain membuat Anda cepat kaya, reksadana adalah jenis investasi yang paling minim risiko.

Cara mendaftar reksadana cukup mudah yakni menyiapkan ktp dan npwp (jika ada) dan mendaftar di bareksa.com. Setoran awalnya adalah Rp. 100.000,-. Jenis investasi ini sangat cocok untuk masyarakat dengan gaji kecil atau menengah.

Tabungan Berjangka

Dengan minimal Rp. 100.000,-, Anda dapat membuka tabungan berjangka, loh. Selain modalnya yang tidak besar, tabungan berjangka dapat mengamankan finansialmu agar Anda tetap merdeka finansial di hari tua.

Saham

Jenis investasi terakhir ini yang paling memiliki peluang keuntungan yang paling tinggi, namun risiko yang juga tinggi. Sebelum melakukan main saham, Anda harus paham mengenai alur dan cara kerjanya.

Jika ingin melakukan investasi saham, Anda dapat melaporkan diri dengan membawa KTP dan kartu NPWP ke perusahaan sekuritas di kota Anda.

Deposito

Pengertian Deposito dalam istilah keuangan berarti uang disimpan di bank dalam waktu yang sudah disepakati antara nasabah dan bank selaku pemegang otoritas.Deposito adalah transaksi yang melibatkan transfer uang ke pihak lain untuk diamankan. Namun, investasi deposito juga dapat merujuk pada sebagian uang yang digunakan sebagai jaminan atau jaminan untuk pengiriman barang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *