Berikut Sejarahnya Hari Anak Sedunia Diperingati Setiap 20 November

Hari Anak Sedunia atau World Children's Day diperingati pada 20 November 2020 mendatang. Anak anak selalu mendapat perhatian khusus dibelahan dunia manapun. Hari Anak Internasional diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Sementara itu, Hari Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 20 November. Di Indonesia sendiri, Hari Anak Nasional diperingati setiap 23 Juli, sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984. Hari Anak Sedunia merupakan hari untuk merayakan dan mempromosikan kesejahteraan anak anak di seluruh dunia.

Tujuannya untuk menghargai serta menghormati hak hak yang harus diterima oleh seorang anak. Dikutip dari , Hari Anak Sedunia didirikan oleh Badan Dunia Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 1954. Ide peringatan Hari Anak Sedunia disarankan oleh Mr. VK Khrisna Menon.

Kemudian pada tahun 1959, PPB mengadopsi deklarasi hak hak anak dan menetapkan tanggal 20 November sebagai Hari Anak Sedunia. Peringatan Hari Anak Sedunia dirayakan di banyak negara di dunia namun dengan tanggal yang berbeda beda. Di beberapa negara, peringatan Hari Anak Sedunia dilakukan agar anak anak merasa bahagia pada hari itu.

Mereka menerima hadiah, mengikuti lomba, melakukan kegiatan menyenangkan atau diperbolehkan libur sekolah. Setiap tahun, organisasi PBB yang menangani anak anak, UNICEF, merayakan peringatan Hari Anak Sedunia untuk menarik perhatian khusus mengenai hak hak anak di dunia. Konvensi Hak Anak (KHA) meletakkan standar dasar dan universal untuk masa kanak kanak yang sehat, terlindung dan layak bagi setiap manusia.

Indonesia adalah salah satu negara pertama yang menandatangani KHA pada 26 Januari 1990. Dikutip dari , meskipun Hari Anak Sedunia ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa Bangsa pada tahun 1954, baru pada tanggal 20 November 1959 Sidang Umum PBB mengadopsi bentuk tambahan dari Deklarasi Hak Anak. Awalnya diperoleh pada tahun 1924 oleh Liga Bangsa Bangsa, PBB mengadopsi dokumen ini sebagai pernyataannya tentang hak hak anak.

Teks aslinya berbunyi sebagai berikut: 1. Anak harus diberi sarana yang diperlukan untuk perkembangan normalnya, baik secara material maupun spiritual 2. Anak yang lapar harus diberi makan, anak yang sakit harus dirawat, anak yang terbelakang harus ditolong, anak yang nakal harus diambil kembali, dan anak yatim piatu serta anak yatim piatu harus ditampung dan ditolong.

3. Anak itu harus menjadi yang pertama menerima kelegaan pada saat saat sulit. 4. Anak harus ditempatkan pada posisi untuk mencari nafkah dan harus dilindungi dari setiap bentuk eksploitasi. 5. Anak harus dibesarkan dengan kesadaran bahwa bakatnya harus mengabdi untuk melayani sesamanya.

Untuk versi yang diperluas, PBB mengadopsi 10 prinsip tambahan dengan resolusi yang menyertainya, yang diusulkan oleh delegasi Afghanistan, menyerukan kepada pemerintah untuk mengakui hak hak ini, mengupayakan penerimaan mereka, dan mempublikasikan dokumen tersebut seluas mungkin. Pada tanggal 20 November 1989, Sidang Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak. CRC adalah perjanjian hak asasi manusia yang mengatur hak hak sipil, politik, ekonomi, sosial, kesehatan, dan budaya anak.

Dokumen tersebut membahas tentang kebutuhan dan hak khusus anak, mengharuskan semua negara yang meratifikasinya terikat padanya oleh hukum internasional dan harus bertindak sesuai dengan kepentingan terbaik anak. Pada September 2012, Sekretaris Jenderal Ban Ki moon dari Perserikatan Bangsa Bangsa memimpin prakarsa untuk pendidikan anak anak. Dia pertama tama ingin setiap anak dapat bersekolah, sebuah tujuan pada tahun 2015.

Kedua, untuk meningkatkan keterampilan yang diperoleh di sekolah sekolah tersebut. Terakhir, menerapkan kebijakan tentang pendidikan untuk mempromosikan perdamaian, rasa hormat, dan kepedulian lingkungan. Hari Anak Sedunia bukan hanya hari untuk merayakan anak apa adanya, tetapi untuk menyadarkan anak anak di seluruh dunia yang telah mengalami kekerasan dalam bentuk pelecehan, eksploitasi, dan diskriminasi.

Anak anak adalah masa depan Peliharalah mereka dengan benar, agar mereka tumbuh menjadi pemimpin yang cakap. Dan memimpin dunia menuju cahaya. Selamat Hari Anak! Kami adalah masa depan, Harapan untuk hari esok yang lebih cerah, Kami, anak anak dunia, Adalah simbol janji, dan potensi. Selamat Hari Anak! Masa kanak kanak berarti Kesenangan tanpa batas, hujan cinta dan perhatian yang melimpah, Alam imajinasi, Sukacita dalam tumbuh dewasa. Selamat Hari Anak!

Anak anak sensitif dan polos, Mereka adalah malaikat kecil Tuhan, Dan masa depan umat manusia. Semoga yang terbaik di Hari Anak ini! Bumi mengungkapkan kepolosannya melalui senyuman anak anak. Harapan yang sangat hangat untuk semua anak di hari istimewa ini. Selamat Hari Anak! Periode termanis dalam hidup siapa pun adalah masa kecil mereka. Hari anak anak yang sangat membahagiakan untuk semua anak di dunia. Habiskan hari ini dengan kesenangan tanpa batas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *