Cari Tahu Isi dan 5 Keutamaan Surat Al-Waqiah

Surat Al-Waqi’ah merupakan salah satu surat yang ada dalam Al-Qur’an dan memiliki banyak keutamaan. Keutamaan surat Al-Waqiah yang paling banyak diketahui orang adalah melancarkan rejeki.

 

Keutamaan surat Al-Waqiah sudah banyak ditulis oleh banyak sahabat nabi. Surat ini merupakan surat ke 56 dan terdapat 96 ayat di dalamnya. Sedangkan arti dari surat Al-Waqiah adalah hari kiamat.

 

Cari Tahu Isi dan Keutamaan Surat Al-Waqiah

 

Bila dilihat dari isinya, surat ini menceritakan mengenai bagaimana hari kiamat akan terjadi, berikut dengan balasan untuk seorang yang mukmin termasuk dengan orang kafir.

 

Selain itu juga menceritakan tentang proses dari bagaimana manusia diciptakan, api serta beragam jenis makhluk hidup yang ada di muka bumi ini diciptakan. Bahkan kekuasaan Allah SWT yang tidak ada tandingannya, berikut dengan adanya hari kebangkitan yang memang nyata keberadaannya.

 

Adapun keutamaan yang terdapat pada surat Al-Waqiah diantaranya adalah :

 

1. Mendapatkan sepuluh kebaikan

Keutamaan pertama adalah jumlah pahala kebaikan yang didapat bila membaca surat ini, dan akan dilipatgandakan menjadi 10 kali lipat.

Seperti yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, yakni : Baginda Rasulullah sudah bersabda bahwa barang siapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an, maka akan mendapatkan satu kebaikan. Dan satu kebaikan tersebut akan dilipatkan menjadi 10 kebaikan.

 

2. Setiap kebaikan akan menghapuskan kesalahan

Diriwayatkan dari Qur’an surat Hud ayat 114, mengatakan bahwa sesungguhnya setiap perbuatan yang baik akan menghapuskan perbuatan-perbuatan yang buruk atau dosa.

 

3. Dapat menjadikan hati menjadi tenteram

Diriwayatkan dari surat surat ArRa’d ayat 128, yakni orang-orang yang beriman akan menjadi tenteram hati mereka dengan mengingat Allah. Adapun cara untuk mengingat Allah adalah dengan membaca surat-surat yang ada dalam Al-Qur’an. Termasuk dengan surat Al-Waqiah.

 

4. Hati menjadi lebih tenang dan dijauhkan dari kegelapan

Adapun keutamaan lainnya dari surat Al-Waqiah bisa dilihat dari riwayat Abu Hurairah ra yang mengatakan bahwa Rasulullah saw pernah bersabda, barang siapa yang mendengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala yaitu al-Qur’an, maka ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Dan buat yang membacanya juga akan diberikan cahaya di hari kiamat

 

5. Dijauhkan dari sifat lalai

Dan keutamaan yang terakhir adalah dijauhkan dari sifat lalai. Keutamaan tersebut bisa dilihat dari Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203 oleh Ubay bin Ka’b berkata Rasulullah saw bersabda bahwa orang-orang yang membaca surat Al-Waqiah, maka ia akan dicatat tidak masuk dalam golongan pada orang-orang yang lalai.

 

Demikianlah ulasan mengenai keutamaan surat Al-Waqiah yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi yang tepat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *