Dilengkapi Resep Kerang Enak Dijamin Bikin Nagih Tips Cara Memasak Kerang Agar Tidak Berbau Amis

Berikut tips cara memasak kerang agar tidak berbau amis. Memasak kerang terkadang sulit jika kita tidak memiliki tips mengolahnya. Kerang merupakan hidangan laut yang mudah sekali berbau amis jika tidak tepat cara mengolahnya.

Jika terlalu lama dimasak, kerang bisa menjadi keras. Simak tips cara memasak kerang agar tidak berbau amis yang dikutip dari : Sebelum memasak kerang, kita harus tahu bagaimana cara memilih kerang yang baik.

Pasti kita tidak mau jika masakan jadi menurun kualitasnya karena salah memilih kerang? Coba perhatikan kembali kerang yang akan Anda beli. Pilihlah kerang yang masih terbuka.

Caranya dengan menyentuh sedikit cangkang atau dagingnya. Bila kerang merapatkan cangkangnya, tandanya kerang tersebut masih hidup. Kerang harus diolah dalam keadaan hidup kecuali jika kerang tersebut memang sudah direbus dan dibuang cangkangnya.

Jangan pilih kerang yang cacat, pecah atau cangkangnya tidak merapat. Kerang seperti itu biasanya sudah tidak segar atau sudah mati. Selanjutnya kerang harus dibersihkan dengan menggunakan sikat.

Sikat di bawah air yang mengalir supaya kotoran yang melekat bisa mengalir bersama air. Untuk langkah selanjutnya adalah merebus kerang. Kerang harus direbus di dalam air dingin bersama jahe, salam, serai, dan sepotong kecil arang agar bau amis dan racun dalam kerang hilang.

Karena arang berguna untuk menyerap racun yang ada di dalam kerang. Sedangkan tambahan rempah rempahan yang lainnya berguna untuk menghilangkan bau amis pada kerang. Sebaiknya saat memasak kerang, tambahkan potongan jahe kembali.

Meskipun saat direbus sebelumnya sudah diberi jahe, tidak ada salahnya untuk menambahkan sepotong jahe lagi supaya bau amis pada kerang benar benar hilang. Tambahan tips agar tidak merebus kerang terlalu lama. Maksimal rebuslah kerang dalam waktu 10 menit.

Karena jika terlalu lama, kerang bisa jadi keras. Waktu: 45 Menit Sajian: 25 Tusuk

Bahan: 400 gram kerang darah tanpa kulit 3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya, sobek sobek 1 sendok teh garam 1/2 sendok teh gula pasir 2 tangkai (25 gram) daun kemangi, petiki 1 batang daun bawang, iris 1/2 cm 200 ml air 2 sendok makan minyak untuk menumis 25 buah tusuk sate Bumbu Tumbuk Kasar:

Butir bawang merah 2 siung bawang putih 4 buah cabai rawit merah 2 buah cabai rawit hijau 2 buah cabai merah keriting 3 cm jahe, memarkan 1/4 sendok teh merica bubuk Cara Membuat Sate Kerang Bumbu Manado: 1. Panaskan 1000 ml air sampai mendidih, rebus kerang bersama 3 cm jahe, 2 lembar daun jeruk, dan 1 batang serai. Angkat dan tiriskan.

2. Tumis bumbu tumbuk kasar dan daun jeruk, sampai berubah warna dan tercium harum bumbu. Masukkan kerang yang sudah direbus sebelumnya. Aduk rata. 3. Masukkan garam, gula pasir dan air. Aduk hingga rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap. 4. Tambahkan daun kemangi dan daun bawang. Campur sampai rata. Angkat.

5. Tusuk tusuk kerang di tusuk sate. Bakar sate kerang sampai harum. Waktu: 45 Menit Sajian: 4 Porsi

Bahan: 1.000 gram kerang hijau dicuci bersih dan disikat cangkangnya 2 lembar daun salam 1.000 ml air untuk merebus Bahan Saus:

Buah bawang bombay, diiris panjang 2 buah cabai merah besar, dipotong bulat 1 sendok makan saus tiram 4 sendok makan saus tomat 2 sendok makan saus sambal 3/4 sendok teh garam 1/4 sendok teh merica bubuk 1 sendok teh gula pasir 1/2 sendok makan tepung sagu dan 1 sendok makan air, untuk mengentalkan 2 batang daun bawang, potong miring 200 ml air 2 sendok makan margarin untuk menumis Bumbu Halus: Buah cabai merah keriting 3 siung bawang putih 2 cm jahe

Cara Membuat Kerang Saus Padang: 1. Rebus kerang bersama daun salam sampai mendidih. Saring dan buang airnya. 2. Panaskan minyak secukupnya. Tumis bawang bombay, cabai merah besar, dan bumbu halus sampai layu dan harum.

3. Tambahkan saus tiram, saus tomat, saus sambal, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk sampai rata. Tuang air. Masak sampai mendidih. 4. Tambahkan kerang dan daun bawang. Campur rata. Masak sampai matang. Kentalkan saus padang dengan larutan tepung sagu. Masak sampai mendidih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *