Jalani New Normal, Masyarakat Perlu Pembekalan Informasi Kesehatan yang Akurat dan Lengkap

– Masyarakat Indonesia saat ini menjalani masa transisi menuju kehidupan normal setelah menjalani pembatasan sosial berskala besar (PSBB) karena pandemi Covid 19, ditandai dengan aktivitas perekonomian yang kembali menggeliat. Masyarakat beradaptasi kembali menjalani aktivitas secara normal dengan melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus Covid 19. Namun, Natali Ardianto, CEO Jovee & Lifepack di acara diskusi kesehatan via webinar #WeTheHealth di Jakarta, Sabtu, 27 Juni 2020 mengingatkan, dalam memasuki fase new normal ini, masyarakat perlu bekal yang komprehensif. Di antaranya adalah pembekalan informasi yang lengkap dan akurat langsung dari pakar yang sesuai bidangnya.

"Dukungan serta dedikasi tinggi dari para tenaga kesehatan yang terus berjuang di garda terdepan, Hingga peran telemedik sangat penting untuk membantu meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat," imbuhnya. Dia menambahkan, pandemi Covid 19 terbukti telah mengubah cara hidup berbagai pihak, mulai dari pekerja, murid, orang tua hingga pemerintah. Banyak pihak mulai melakukan berbagai cara untuk proses perubahan ke arah New Normal. "Diperlukan sinergi dan dukungan dari seluruh pihak mulai dari pemerintah, swasta, tenaga kesehatan, hingga masyarakat itu sendiri," ujarnya.

#WeTheHealth merupakan konferensi kesehatan digital pertama di Indonesia yang menjadi wadah informasi seputar isu kesehatan dalam rangka menghadapi New Normal. Konferensi kesehatan digital #WeTheHealth pada Sabtu kemarin dibuka dengan tema webinar “Peran Swasta dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Sektor Kesehatan di Daerah.” Konferensi menghadirkan pembicaraWakil Gubernur Jawa Timur Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.Sc, Bupati Trenggalek H. Mochamad Nur Arifin, dr. Slamet, MHP, Staf Ahli Menteri bidang Teknologi Kesehatan dan Globalisasi Kementerian Kesehatan RI, dan Rico Mardiansyah, SehatPedia Kementerian Kesehatan RI. Dokter Slamet, MHP yang menjadi salah satu panelis mengungkapkan pentingnya kolaborasi dan dukungan seluruh pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan sektor kesehatan di Indonesia agar lebih baik lagi.

“Kementerian Kesehatan mengapresiasi atas terselenggaranya konferensi kesehatan digital #WeTheHealth. Inisiasi seperti ini tentunya membantu seluruh pihak khususnya pemerintah dalam upaya memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai isu kesehatan dan bagaimana menghadapi kondisi New Normal," ujarnya. Selain mengangkat topik dari sisi pemerintahan, Konferensi #WeTheHealth juga menghadirkan dua sesi yang diisi sejumlah pembicara dari pakar yang ahli di bidangnya. Untuk isu kesehatan membahas topik strategi dan manajemen untuk penderita diabetes mellitus menghadirkan pembicara dr. Tri Juli Edi Tarigan, Sp.PD., KEMD., FINASIM., Ns. Ahmad Hasyim W. S.Kep., M.Kep., M.Ng., dan Ernawati, S.Kp., M.Kep., Sp.KMB.

Sesi berikutnya membahas topik health & Lifestyle menghadirkan influencer Puspa Dewi yang viral di sosial media karena masih terlihat awet muda dan sangat bugar di usia 52 tahun dan sudah memiliki seorang cucu. Dia memaparkan kiat kiat menjaga kebugaran tubuh dan awet muda. Pembicara lainnya adalah Ade Binarko, pendiri Sehatmental.id, membahas mengenai pentingnya mengelola stres saat pandemi. Sesi berikutnya, dr. Darrel Fernando, SpOG, membahas tips menjalani aktivitas harian untuk wanita hamil saat New Normal. Dilanjutkan dengan topik kesehatan kulit dengan menghadirkan dr. Listya Paramita, SpKK., dan dr. Jaka Pradipta Sp.P yang membahas membahas persiapan serta adaptasi menghadapi rutinitas New Normal.

Hadir juga dr. Robbi Asri Wicaksono, SpOG membawakan tema aktivitas seks pasangan suami istri di msa pandemi. Acara konferensi #WeTheHealth ini didukung Aveecena, Houzcall, Perawatku.id, Klinikgo, Homecare24.id, Sehatmental.id, Kisah Tani, Doogether, Bumi Nusantara Jaya, Ceklab.id, Jacquelle, dan Lemonilo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *