Kelebihan Sistem Alarm Kebakaran Konvensional

Mempertimbangkan sistem alarm kebakaran konvensional bisa jadi pilihan agar lingkungan anda aman, salah satunya dari Secom yang menawarkan pemantauan alarm jarak jauh dengan teknologi terkini. Sistem alarm kebakaran tipe konvensional sangat cocok untuk gedung atau bangunan sederhana, misalnya sekolah yang resiko kebakarannya kecil. Meskipun sudah tergeser oleh sistem yang lebih canggih, tapi sistem konvensional ini punya banyak kelebihan.

 

Apa Itu Sistem Alarm Kebakaran Konvensional?

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya memahami apa itu sistem alarm kebakaran dan sistem alarm kebakaran konvensional. Jadi, secara umum sistem alarm kebakaran adalah sebuah sistem penanda bahaya kebakaran api yang tidak diinginkan sehingga memberikan sinyal atau peringatan dini agar bisa segera ditanggulangi.

 

Sistem ini membantu meminimalkan resiko sebuah bangunan habis terbakar api dan menciptakan kerugian skala besar. Sebab saat kebakaran terdeteksi maka bisa dilakukan penanganan untuk mencegah kebakaran lebih luas. Sistem alarm kebakaran kemudian terbagi menjadi dua, yakni tipe konvensional dan addressable.

 

Sistem alarm kebakaran konvensional adalah sistem penanda bahaya kebakaran yang bekerja secara sederhana dengan sebuah panel yang mendeteksi adanya api lalu membunyikan alarm. Sehingga panel baru mendeteksi adanya api saat suhu di sekitar meningkat dan alarm hanya akan berbunyi di lokasi terjadinya kebakaran. Sementara sistem addressable bisa mengirimkan alarm melalui fitur alarm ke smartphone pemilik bangunan.

 

Kelebihan yang Dimiliki

 Meskipun sistem alarm kebakaran konvensional menggunakan perangkat sederhana. Namun jauh sebelum model addressable diperkenalkan kepada publik, sistem ini lebih dulu memberikan perlindungan kebakaran dan terbukti efektif. Dibandingkan dengan addressable, ternyata sistem keamanan punya beberapa kelebihan. Seperti:

 

  • Proses Pemasangan yang lebih Sederhana

Kelebihan pertama adalah dari proses pemasangan atau instalasi sistem alarm kebakaran konvensional yang lebih sederhana. Hal ini membuat proses instalasi lebih mudah dan bisa dikerjakan dalam tempo lebih singkat. Jika ingin efisiensi waktu dan tenaga maka sistem ini bisa dipertimbangkan.

 

  • Biaya yang Lebih Terjangkau

Sistem konvensional untuk deteksi dini bahaya kebakaran juga memberi efisiensi dari segi biaya. Penggunaan peralatan yang sederhana dan tidak memiliki fitur berlebihan dan tidak terlalu canggih. Sekaligus kebutuhan materi instalasi yang tidak berlebihan membuat biayanya lebih terjangkau.

 

  • Cocok untuk Gedung-Gedung Kecil

Jika memiliki gedung berukuran kecil dan tingkat resiko mengalami kebakaran tergolong rendah. Misalnya tidak menyimpan material yang rawan terbakar. Maka tidak perlu keluar uang berlebihan dengan sistem alarm kebakaran addressable, cukup memakai sistem konvensional saja. Sistem ini lebih daripada cukup.

 

  • Bekerja dengan Sangat Efektif

Kelebihan berikutnya adalah fakta bahwa sistem alarm konvensional bekerja dengan sangat efektif. Sebab sejauh ini memang mampu mendeteksi adanya kebakaran sejak dini dan melakukan tindakan antisipasi otomatis sesuai pengaturan sistem. Sehingga tidak salah jika menjadikannya sebagai pilihan meskipun ada sistem yang lebih canggih.

 

Dengan segala kelebihan tersebut, tidak heran jika sistem alarm kebakaran konvensional masih banyak digunakan. Apalagi untuk gedung-gedung kecil dengan skala resiko kebakaran yang rendah, sehingga tidak perlu keluar biaya terlalu tinggi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.