Kronologi Penemuan Benda Mirip Rudal Terpasang Kamera di Perairan Pulau Bonerate Sulsel

Saehuddin, warga Desa Majapahit, menemukan benda mirip rudal saat melaut di Perairan Pulau Bonerate, Kecamatan Pasimaranu, Sabtu (26/12/2020) sekitar pukul 16.00 Wita. Nelayan di Kabupaten Selayar, Sulawesi Selatan mengatakan, awalnya melihat sebuah benda terapung di tengah laut. Karena penasaran, ia mendekati dan memeriksanya.

Benda tersebut memiliki dua sayap di bagian kiri dan kanan, ekor, antena, dan terdapat benda mirip kamera. "Ternyata bukan benda biasa. Akhirnya membawa pulang," kata Saehuddin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/12/2020). Saat menemukan benda tersebut, Saehuddin mengaku tak bisa mengangkatnya karena berat apalagi hanya menggunakan perahu sampan.

Saehuddin lantas mengikatnya dengan menggunakan tali ke perahunya. Setelah dua jam perjalanan, ia akhirnya sampai ke daratan. Setelah sampai, Saehuddin kemudian meminta warga untuk membantunya membawa benda tersebut ke rumah.

Namun setelah beberapa hari di rumahnya, benda itu akhirnya diambil pihak Danramil Pasimarannu. "Saya mendapat perintah dari pimpinan saya untuk menyerahkan benda asing itu kepada TNI AL. Setelah itu saya tidak tahu lagi mau dibawa ke mana benda itu karena dirahasiakan," kata Kapten Inf Syamsuddin. Diketahui, benda mirip rudal itu memiliki berat 175 kilogram dan panjang 225 sentimeter.

Benda asing tersebut memiliki ciri ciri seperti badan utama terbuat dari aluminium dengan dua sayap masing berukuran 50 sentimeter. Kemudian ekor 18 sentimeter, panjang mirip antena belakang 93 cm, dan terdapat benda mirip kamera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *