Penyebab dan Cara Mengatasi Gelisah Ala SehatQ

Gelisah tanpa ada alasan sebagai hal yang sah-sah saja dirasakan oleh seluruh orang. Tetapi, bila keadaan ini sering terjadi, ini akan berpengaruh jelek untuk kesehatan fisik dan mental. Secara umum, gelisah tanpa sebab muncul karena seorang sedang berasa tidak nyaman dengan keadaan.

Gelisah ialah satu keadaan yang menggambarkan ketakmampuan badan dan pemikiran untuk istirahat, santai, atau fokus. Rasa gelisah bisa ada tanpa atau dengan akibat. Kegelisahan yang memiliki sifat berlebihan disebutkan dengan agitasi.

Ketakutan dan Kegelisahan bisa memunculkan permasalahan serius di kehidupan pasiennya, seperti hubungan sosial, sekolah, dan tugas sebagai terusik. Tanda-tanda masalah kegelisahan umum meliputi:

  • Jadi gampang capek
  • Kesusahan fokus
  • Gampang tersinggung
  • Kesusahan mengontrol rasa khawatir
  • Susah tidur atau mungkin kurang tidur

Berikut direktori penyakit yang kemungkinan disertai kesan serupa kegelisahan terlalu berlebih sebagai salah satunya tanda-tandanya.

Hipertiroidisme

Hipertiroidisme ialah kelompok tanda-tanda yang disebabkan produksi hormon tiroid yang terlalu berlebih. Hipertiroidisme tidak terkait langsung dengan munculnya masalah kegelisahan, tetapi penyakit ini biasanya memunculkan rangkaian tanda-tanda yang serupa apakah yang Anda alami saat gelisah — detak jantung yang cepat atau mungkin tidak teratur (dada berasa berdebar), pengurangan berat tubuh yang cepat, banyak berkeringat, tangan gemetaran, dan situasi hati yang cepat berubah.

Penyakit jantung

Gelisah terlalu berlebih memanglah tidak dapat digolongkan sebagai tanda-tanda dari penyakit jantung itu sendiri, tetapi tanda-tanda yang dirasa saat sebelum penyakit serangan jantung (seperti mual, pusing, dada berasa tidak nikmat, sampai keringat dingin) membuat Anda seolah tengah dirundung kuatir berat tanpa alasan.

Anemia

Tanda-tanda umum dari anemia defisiensi besi ialah 3L — capek, lemas, lemas. Anemia dapat mengakibatkan kulit kelihatan pucat atau kekuningan, detak jantung tidak teratur, napas pendek, pusing dan berkunang-kunang, ngilu dada, tangan dan kaki berasa dingin, sakit di kepala, dan susah fokus. Keseluruh serangkaian tanda-tanda ini mengikuti rasa gelisah yang terlalu berlebih.

Kanker pankreas

Beberapa orang yang sudah didiagnosa kanker pankreas awalnya alami stres, kegundahan, dan sensasi gelisah terlalu berlebih walau tidak dikenali tentu apa pemicunya.
Kanker pankreas dapat dialami pria atau wanita. Selain itu, kanker pankreas pada tahapan awal umumnya tidak memunculkan tanda-tanda dan oleh karenanya analisis kemungkinan lebih susah untuk dilakukan.

Berikut langkah mengobati gelisah dengan langkah sederhana:

1. Mencari Tahu Sebabnya

Langkah Pertama kali yang bisa kamu kerjakan ialah cari tahu mengenai beberapa hal apa yang menjadi pemicu rasa gelisah. Saat kamu ketahuinya, kamu bisa menangani dan mengatur hati yang kemungkinan datang pada waktu yang tidak terduga.

2. Tenangkan diri

Walau kedengar susah, coba untuk selalu rileks dan tidak boleh berpikir yang tidak-tidak. Tidak perlu memaksa diri, malah orang yang coba tekan perasaan dan pikiran mereka pada akhirnya justru akan jadi lebih ketekan. Melansir huffpost.com, orang yang menerima dan masih tetap tenang mempunyai tingkat stres yang lebih rendah dan kurang depresi. Karena itu, saat sedang pada keadaan ketekan ingat-ingatlah untuk tidak boleh terjerat dalam rasa gelisah dan masih tetap positif.

3. Berbicara dengan orang lain

Umumnya, saat seorang alami gelisah terlalu berlebih, dia condong menarik diri dari lingkungan sosial. Walau sebenarnya, salah satunya langkah untuk hilangkan rasa kuatir ialah ada support sosial dari orang terdekat. Kebalikannya, menutup diri dari lingkungan bukan jalan keluar kekalutan yang Anda alami.

4. Olahraga

Olahraga ialah langkah yang bagus untuk mengenyahkan kegelisahan terlalu berlebih, dan ini bisa dibuktikan secara klinis.

Sebagai contoh, dalam sebuah pembahasan tahun 2015 dalam jurnal “Annals of Behavioral Medicine”, olahraga kemungkinan menjadi therapy masalah kegelisahan.

Tidak itu saja, olahraga bisa juga menolong kegelisahan karena keadaan depresi.

Bila Anda sudah lakukan beberapa panduan hilangkan rasa gelisah di atas, tapi hati negatif itu tidak juga lebih baik, tanyakan ke pakar kesehatan mental, seperti psikiater atau psikolog. Anda dapat memperoleh analisis dan bantuan klinis yang tepat untuk kesembuhan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *