Tahapan Seleksi dari Lowongan Karir Astra, Tertarik?

Tentu Anda pernah mendengar tentang PT Astra International dan anak perusahaannya sebagai salah satu perusahaan terbesar, serta memiliki eksistensi tinggi di Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga memiliki peminat tinggi, sehingga informasi tentang lowongan Astra pun selalu ditunggu-tunggu.

Lantas, jika ada lowongan, apa yang harus Anda lakukan? Bagaimana tahapan seleksinya? Ke mana Anda harus mengirimkan berkas pendaftaran? Dan berbagai pertanyaan lainnya mungkin muncul di benak Anda.

Bila demikian, maka ulasan ini adalah jawaban untuk Anda. Di sini, Anda akan menemukan informasi penting tentang lowongan pekerjaan di PT Astra yang wajib dipahami.

Mengenal Perusahaan Astra

PT Astra International adalah perusahaan asli Indonesia yang bergerak di bidang otomotif. Mengawali perjalanan di bidang ekspor-impor, namun kini Astra telah berhasil menjelma menjadi salah satu perusahaan terbesar dengan banyak anak perusahaan.

Sebagai perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, Astra tidak hanya menyediakan layanan otomotif saja. Sebagaimana klaim perusahaan, Astra pun juga bergerak di bidang perdagangan umum, pembangunan, pertanian, pengangkutan, pertambangan, jasa, dan konsultasi.

Tahapan Seleksi Karir Astra

Nama besar Astra disertai juga dengan berbagai keunggulannya, baik untuk pengguna maupun untuk karyawannya. Maka tak heran bila banyak orang mengidam-idamkan perusahaan ini sebagai tempat bekerja impiannya.

Proses rekrutmen Karir Astra sebenarnya tidak jauh berbeda dari proses di perusahaan lain. Pelamar harus mendaftarkan diri dulu di situs resmi Astra dan membuat akun. 

Setelah membuat akun, antinya Anda juga akan menerima informasi mengenai dokumen apa saja yang harus disiapkan sebelum mengikut proses seleksi. Pastikan pula kualifikasi setiap posisi agar tidak terjadi kesalahan ketika melamar pekerjaan.

Berikut tahapan pendaftaran lowongan Astra secara umum, di mana sedikit perbedaan mungkin terjadi karena menyesuaikan situasi dan kondisi.

1. Pendaftaran

Proses seleksi lowongan karir Astra diawali dengan tahap pendaftaran, yakni Anda harus melakukan pendaftaran di situs resmi Astra – biasanya di bawah menu Astra Career. Pelamar nantinya harus mengisi formulir berupa informasi dasar yang diperlukan. Lalu biasanya tim HR dari Astra akan menghubungi Anda untuk mengatur tes selanjutnya.

2. Psikotes

Sebagai perusahaan ternama, Astra pun memiliki psikotes sebagai salah satu tahapan seleksinya. Biasanya, tes psikologi ini diadakan langsung di kantor, atau secara daring bila situasi dan kondisinya tidak memungkinkan. Informasi terkait tes ini akanAnda ketahui melalui telepon atau konfirmasi dari HRD terlebih dahulu. Kemudian pada umumnya, hasil tes akan langsung diumumkan di hari yang sama.

3. Interview

Selanjutnya, pelamar yang lolos tahap psikotes akan lanjut ke tahapan selanjutnya yakni interview atau wawancara. Umumnya, wawancara ini terbagi menjadi tiga kategori, mulai dari HR interview, user interview, dan wawancara dengan CEO. Proses ini akan berlangsung satu per satu dan pengumuman lolos akan Anda terima di hari yang sama.

4. Medical Check-Up

Terakhir, Astra juga memiliki ketentuan dalam tahapan seleksinya. Sebelum mulai masa training di Astra, Anda harus terlebih dahulu melakukan screening kesehatan atau biasa disebut dengan medical check-up. Untuk tahap yang satu ini biasanya langsung diinfokan oleh pihak Astra tentang tata caranya.

Persiapan Diri Sebelum Mengikuti Seleksi 

Tentu sudah bukan rahasia lagi bila Astra menjadi incaran banyak orang untuk berkarir, terutama generasi muda. Selain lingkungan yang membuat individu terus bertumbuh, tempat kerja satu ini juga menawarkan segudang benefit untuk para pelamarnya. 

Tidak terbatas pada benefit berupa material, Anda pun memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang berpengalaman. Oleh karena itu, PT Astra International menjadi tempat ideal individu yang berkeinginan untuk terus tumbuh dan berproses dalam karirnya.

Nah, apabila Anda tertarik untuk mengikuti seleksi Astra Karir, pastikan Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan yang tertera di job vacancy. Setiap lowongan pekerjaan tentu memiliki terms and conditions yang perlu Anda penuhi.

Selain itu, mengingat banyaknya jumlah pelamar, sebaiknya Anda juga bersabar dalam menunggu tanggapan dari pihak Astra.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *