Telat Bayar Premi, Apa Saja Dampaknya?

Saat seseorang mendaftarkan diri menjadi nasabah di suatu perusahaan asuransi, tentunya ada hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh kedua belah pihak. Polis asuransi biasanya yang akan menjabarkan hak-hak dan kewajiban tersebut. Nah, salah satu kewajiban nasabahyang tercantum dalam polis yaitu membayar premi sesuai dengan isi perjanjian atau polis asuransi, tidak terkecuali nasabah asuransi jiwa murni secara online. Namun, terkadang nasabah telat membayar premi.

Salah satu alasan paling umum adalah karena lupa. Padahal, jika premi dibayar tepat waktu, pihak asuransi akan melaksanakan kewajibannya untuk memproteksi diri nasabahnya dari risiko-risiko yang kemungkinan akan terjadi. Lantas, apa dampaknya jika nasabah telat atau bahkantidak membayar premi yang sudah ditentukan? Simak ulasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya, ya!

  1. Status asuransi ditangguhkan sementara. Pengaruh pertama adalah status kepesertaan akan ditangguhkan sementara sampai nasabah melunasi tunggakan premi. Akibat status yang ditangguhkan ini maka klaim tidak dapat dilakukan. Untuk dapat menikmati manfaatnya kembali, nasabah harus melunasi iuran premi yang sudah ditentukan di awal.
  2. Dikenakan denda. Nasabah dapat dikenakan denda apabila telat melakukan pembayaran. Jika sudah melunasi premi beserta dendanya, status polis akan aktif kembali. Namun, biasanya ada jeda waktu sampai nasabah dapat menikmati kembali manfaat asuransi.
  3. Asuransi dinonaktifkan.Biasanya perusahaan asuransi akan memberikan waktu setidaknya 30 hari kepada nasabah untuk melunasi premi yang harus dibayarkan. Namun, jika dalam waktu 30 hari atau melebihi batas waktu yang telah ditentukan, maka pihak asuransi akan membatalkan polis secara otomatis.

Untuk menghindari ketiga poin di atas, terutama bagi Anda yang suka lupa jadwal membayar premi asuransi, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan. Di antaranya:

  • Pakai autodebet. Sebagai bentuk pencegahan lupa bayar premi, Anda dapat memanfaatkan fitur autodebet dari rekening bank atau kredit. Dengan begitu, bank akan otomatis memotong saldo untuk membayar premi Anda sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Jika memakai kartu kredit, tagihan akan otomatis terlihat padae-statement
  • Masukkan sebagai anggaran bulanan.Cara ini sangat ampuh terutama bagi Anda yang suka mencatat anggaran bulanan. Anda dapat memasukkan pembayaran premi dalam daftar belanja bulanan Anda. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengingat jadwal pembayaran dan menghindari risiko telat bayar premi.
  • Tandai di kalender handphonedan catat disticky notes. Untuk Anda yang aktif memakai handphone sepanjang waktu, Anda dapat membuat pengingat di kalenderhandphone Jangan lupa aktifkan alarm sebagai pengingat karena pasti Anda tidak setiap saat mengecek kalenderhandphone, bukan? Buatlah pengingat setidaknya satu hari sebelum tanggal yang ditentukan. Selain itu, Anda dapat memanfaatkan sticky notes sebagai pengingat. Tempel sticky notes di laptop atau meja kerja Anda, bersamaan dengan catatan jadwal yang lainnya.

Nikmati terus manfaat asuransi dengan membayar premi tepat waktu, ya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *