Tiga Hari Jelang Pemilu AS, Joe Biden Makin Terfavorit Kalahkan TrumpĀ 

Calon presiden (capres) Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat Joe Biden difavoritkan akan mengalahkan petahana dari Republik Donald Trump, tiga hari menjelang pemungutan suara pada 3 November. Biden masih konsisten unggul atas Trump hingga tiga hari menjelang pemilu. Bahkan keunggulan Biden makin melebar di hari hari terakhir masa kampanye 2020 di tiga negara bagian Rust Belt, dimana Trump menang tipis empat tahun lalu.

Demikian menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos yang dirilis Minggu (1/11/2020). Tiga negara bagian Rust Belt yaitu Pennsylvania, Wisconsin, dan Michigan. Tiga negara bagian Rust Belt terus menjadi bahan sorotan oleh lembaga survei atau pollsters.

Karena kunci kemenangan pilpres 2020 ada di tiga negara bagian industrial yang secara mengejutkan dimenangkan tipis oleh Trump pada pilpres 2016. Hasil jajak pendapat menunjukkan, Biden memimpin atas Trump dengan 10 poin di Wisconsin dan Michigan, dan calon presiden unggul tujuh poin di Pennsylvania. Biden telah mengalahkan Trump di tiga negara bagian dalam setiap jajak pendapat mingguan Reuters /Ipsos yang dimulai pada pertengahan September lalu.

Bahkan Biden menang lebih tinggi di setiap negara bagian selama dua minggu terakhir. Reuters/Ipsos melakukan penjajakan kemungkinan pemilih di enam negara bagian Wisconsin, Pennsylvania, Michigan, North Carolina, Florida dan Arizona yang akan memainkan peran penting dalam memutuskan apakah Trump akan kembali memenangkan pemilu, atauBiden yang akan mengusirnya dari kursi presiden AS untuk periode empat tahun mendatang. Di bawah ini adalah tampilan negara demi negara pada temuan Reuters / Ipsos, berdasarkan jajak pendapat online dari kemungkinan pemilih:

Pemungutan suara untuk Biden: 52% Pemungutan suara untuk Trump: 42% Biden naik 52% 43% minggu sebelumnya.

37% orang dewasa mengatakan mereka sudah memilih. 52% mengatakan Biden akan lebih baik dalam menangani pandemi virus corona. 40% mengatakan Trump akan lebih baik. 48% mengatakan Trump akan lebih baik dalam mengelola ekonomi. 44% mengatakan Biden akan lebih baik.

Pemungutan suara untuk Biden: 53% Pemungutan suara untuk Trump: 43% Biden naik 53% 44% minggu sebelumnya.

41% orang dewasa mengatakan mereka sudah memilih. 52% mengatakan Biden akan lebih baik dalam menangani pandemi virus corona. 38% mengatakan Trump akan lebih baik. 47% mengatakan Trump akan lebih baik dalam mengelola ekonomi. 45% mengatakan Biden akan lebih baik.

Pemungutan suara untuk Biden: 51% Pemungutan suara untuk Trump: 44% Biden naik 50% 45% minggu sebelumnya.

25% orang dewasa mengatakan mereka sudah memilih. 51% mengatakan Biden akan lebih baik dalam menangani pandemi virus corona. 40% mengatakan Trump akan lebih baik. 48% mengatakan Trump akan lebih baik dalam mengelola ekonomi. 46% mengatakan Biden akan lebih baik.

Pemungutan suara untuk Biden: 49% Pemungutan suara untuk Trump: 47% Jajak pendapat sebelumnya telah menunjukkan Biden dengan keunggulan yang jelas 50% 46%, dengan margin berada di tepi interval kredibilitas jajak pendapat.

32% mengatakan mereka sudah memilih. 48% mengatakan Biden akan lebih baik dalam menangani pandemi virus corona. 42% mengatakan Trump akan lebih baik. 52% mengatakan Trump akan lebih baik dalam mengelola ekonomi. 41% mengatakan Biden akan lebih baik.

Pemungutan suara untuk Biden: 48% Pemungutan suara untuk Trump: 46% Keduanya secara statistik terikat karena margin berada dalam interval kredibilitas survei.

Jajak pendapat sebelumnya juga menunjukkan perlombaan yang merata secara statistik, dengan 49% untuk Biden dan 46% untuk Trump. 37% mengatakan mereka sudah memilih. 50% mengatakan Biden akan lebih baik dalam menangani pandemi virus corona. 42% mengatakan Trump akan lebih baik.

50% mengatakan Trump akan lebih baik dalam mengelola ekonomi. 44% mengatakan Biden akan lebih baik. Pemungutan suara untuk Biden: 49% Pemungutan suara untuk Trump: 48%

Karena margin berada dalam interval kredibilitas jajak pendapat, kejar mengejar secara statistik terlihat, seperti dalam jajak pendapat sebelumnya ketika Biden memiliki 49% dibanding Trump 46%. 35% mengatakan mereka sudah memilih. 48% mengatakan Biden akan lebih baik dalam menangani pandemi virus corona. 44% mengatakan Trump akan lebih baik.

51% mengatakan Trump akan lebih baik dalam mengelola ekonomi. 43% mengatakan Biden akan lebih baik. Catatan Jajak pendapat Reuters/Ipsos dilakukan secara online di enam negara bagian dalam bahasa Inggris, serta dalam bahasa Spanyol di Arizona dan Florida.

Di Michigan, dari 27 Oktober hingga 1 November, jajak pendapat mengumpulkan tanggapan dari 1.007 orang dewasa, termasuk 654 pemilih, dan memiliki interval kredibilitas 4 poin. Di Wisconsin, dari 27 Oktober hingga 1 November,mengumpulkan tanggapan dari 1.007 orang dewasa, termasuk 696 pemilih, dan memiliki interval kredibilitas 4 poin. Di Pennsylvania, dari 27 Oktober hingga 1 November,mengumpulkan tanggapan dari 1.006 orang dewasa, termasuk 673 pemilih, dan memiliki interval kredibilitas 4 poin.

Di Florida, dari 21 Oktober hingga 27 Oktober, mengumpulkan tanggapan dari 1.006 orang dewasa, termasuk 704 pemilih, dan memiliki interval kredibilitas 4 poin. Di Arizona, dari 21 Oktober hingga 27 Oktober, mengumpulkan tanggapan dari 1.007 orang dewasa, termasuk 714 pemilih, dan memiliki interval kredibilitas 4 poin. Di North Carolina, dari 21 Okt hingga 27 Okt, ia mengumpulkan tanggapan dari 1.006 orang dewasa, termasuk 647 pemilih, dan memiliki interval kredibilitas 4 poin. (Reuters)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *