Tips Mobil Anti Maling Ampuh yang Wajib Anda Coba

Harga mobil baru yang cukup tinggi membuat banyak orang memilih mobil bekas. Apalagi sekarang sudah banyak dealer dan situs jual beli mobil bekas sehingga mempermudah para calon pembeli. Situs mobil bekas menjadi salah satu yang sering dikunjungi oleh masyarakat yang tengah mencari kendaraan roda empat pada masa pandemi ini. Di sini, harga mobil bekas yang ditawarkan cukup terjangkau, meskipun masih tergolong tinggi pula untuk sebagian besar orang.

Memang, mobil bukanlah sesuatu yang murah—hal ini juga yang membuat para pemilik mobil melindungi kendaraan mereka dengan asuransi atau pelindung lain agar terhindar dari kecelakaan atau bahkan pencurian. Untuk poin terakhir, setidaknya ada 4 tips yang bisa Anda coba untuk melindungi kendaraan dari kemalingan, yakni:

1. Kunci stir

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan mobil adalah dengan menggunakan kunci stir. Mengapa? Pasalnya, sesuai dengan namanya, kunci stir dapat berfungsi sebagai pengunci pergerakan kemudi. Dengan demikian, mobil tidak bisa bergerak dan maling pun akan kesusahan mencuri mobil Anda.

2. Alarm

Alarm menjadi salah satu pengaman terbaik untuk mobil Anda. Hal ini karena alarm akan berbunyi jika ada gangguan pada mobil sebagai tanda peringatan. Ada banyak tanda yang bisa diberikan oleh alarm ini seperti ketika memarkirkan mobil. Akan ada semacam sinyal dari lampu kecil yang nantinya memberi sinyal GSM jika mobil Anda mengalami gangguan.

3. Chip kontak

Tips mobil anti maling ketiga yaitu chip kontak. Alat pengaman ini termasuk alat pengaman dengan teknologi yang sangat canggih. Hal ini karena chip kontak menggunakan sensor dalam sistem kerjanya. Sensor tersebut hanya bisa terbaca oleh kunci kontak mobil dan dapat Anda pasang di kap mobil. Dengan demikian, jika kap mobil terbuka maka alarm mobil akan berbunyi.

4. Immobilizer

Immobilizer menjadi salah satu sistem pengaman canggih yang dijual dengan harga terjangkau di pasaran. Fungsi alat ini adalah untuk mencegah maling bisa menyalakan mobil Anda dengan cara memasang kode tertentu pada mobil. Cara kerjanya yaitu jika kode salah, maka kunci tidak dapat berfungsi dan mobil pun tidak akan bisa menyala.

Namun, untuk bisa memasang alat ini, mobil Anda harus sudah lengkap dengan kontrol elektronik ya. Bagi Anda yang membeli mobil keluaran terbaru, tidak perlu khawatir, karena biasanya jenis pengguna ini sudah terpasang, jadi Anda tidak perlu membeli lagi.

Sudah Tahu Tips Mobil Anti Maling?

Nah setelah mengetahui 4 tips tersebut, Anda tinggal menentukan sendiri untuk menggunakan metode pengaman yang mana. Apapun pilihan Anda, semoga 4 jenis pengaman tersebut bisa membantu Anda ya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published.