Jumlah Pasien Covid-19 Tanpa Gejala di RS Wisma Atlet 7 Hari Terakhir, Kini Tercatat 1.296 Orang

Jumlah pasien positif covid 19 tanpa gejala yang menjalani isolasi mandiri di Flat Isolasi Mandiri tower 4 dan 5 Rumah Sakit Darurat Covid 19 Wisma Atlet Kemayoran dalam sepekan terakhir cenderung fluktuatif. Jumlah pasien Covid 19 tanpa gejala yang dirawat di RS darurat Wisma Atlet hari ini, Jumat (16/10/2020) tercatat masih berada di atas angka 1.200 an per hari. Secara berturut turut jumlah pasien per hari dalam sepekan terakhir tercatat 1.595, 1.483, 1.376, 1.375, 1.245, 1.246, dan 1.296.

Hingga saat ini tercatat 8.447 pasien tanpa gejala yang sudah terdaftar sejak flat tersebut beroperasi. "Pasien di Flat Isolasi Mandiri tower 4 dan 5 berjumlah 1.296 orang," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan I Kolonel Marinir Aris Mudian pada Jumat (16/10/2020). Sebelumnya diberitakan pemerintah telah menyiapkan flat untuk isolasi mandiri di Kawasan RS Wisma Atlet Jakarta untuk pasien Covid 19 tanpa gejala alias OTG.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Doni Monardo mengatakan masyarakat yang merupakan OTG bisa mendaftar ke Puskesmas untuk dapat dirawat di flat Wisma Atlet. "Bapak Ibu sekalian untuk pasien yang terkonfirmasi positif tanpa gejala bisa mendaftar melalui Puskesmas dan rujukan," kata Doni di RS Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu, (12/9/2020). Menurut dia, surat dari Puskesmas itulah nantinya yang menjadi persyaratan untuk bisa dirawat atau diisolasi di Wisma Atlet.

"Diberikan oleh Puskesmas inilah yang akhirnya nanti menjadi salah satu persyaratan sehingga rumah flat isolasi mandiri bisa menerima sodara isolasi kita yang positif Covid 19 namun tanpa gejala," katanya. Kepala Pusat Kesehatan RS Darurat Wisma Atlet Mayor Jenderal Tugas Ratmono mengatakan terdapat 1.570 tempat tidur di tower 5 untuk menampung para pasien psoitif yang tidak bergejala. "Tower 5 ini yang siap huni 1570 tempat tidur," katanya di RS Wisma Atlet, Jakarta, Sabtu, (12/9/2020).

Wakil Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu (Wapangkogasgabpad) Rumah Sakit Darurat Covid 19 Wisma Atlet (RS Wisma Atlet) Brigjen TNI M Saleh Mustafa mengungkapkan RS Wisma Atlet menyiagakan 400 tenaga kesehatan yang ditugaskan di Flat Isolasi Mandiri tersebut. Sebanyak 400 tenaga kesehatan tersebut, kata Saleh, berasal dari TNI, Polri, Kemenkes, dan relawan. Saleh menjelaskan tugas para tenaga kesehatan di Flat Isolasi Mandiri yang terletak di tower 4 dan 5 RS Wisma Atlet tersebut akan berbeda dengan mereka yang bertugas di tower 6 dan 7 rumah sakit tersebut.

Penanganan medis di Flat Isolasi Mandiri RS Wisma Atlet, kata Saleh, lebih sederhana karena tidak ada ICU dan HCU. Meski pemberian obat obatan kepada pasien tanpa gejala yang dirawat di Flat Isolasi Mandiri RS Wisma Atlet akan tetap sama dengan pasien yang dirawat di tower lainnya. "Berbeda dengan tower 6 dan 7 yang digunakan sebagai RSCD Wisma Atlet, makanya untuk Tower 4 dan 5 di sebut Flat Isolasi Mandiri. Penanganan medisnya lebih sederhana karena tidak ada ICU dan HCU. Pemberian obat obatan tetap sama," kata Saleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.