2.482 SMK Bangun Kolaborasi dengan 3.602 Perusahaan Pendidikan Vokasi

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan mendukung langkah kerja sama antara pendidikan vokasi dengan dunia usaha dan dunia industri. Wikan mengungkapkan saat ini kerja sama antara pendidikan vokasi dengan dunia industri dan dunia usaha telah mencapai ribuan. "Jumlah data kerja sama yang masuk pada tahun 2020 berdasarkan konfirmasi atas data yang ada di dalam Dapodik, tercatat terdapat 7.845 bentuk kerja sama antara 2.482 SMK dengan 3.602 perusahaan," ujar Wikan dalam Indonesia Vocational Outlook 2020 yang digelar secara daring, Senin (21/10/2020).

Menurut Wikan, kerja sama yang terbangun merupakan langkah yang sangat baik untuk menciptakan link and match. Meski begitu, menurut Wikan, kolaborasi ini perlu ditingkatkan lagi. Wikan mengatakan masih banyak SMK yang perlu dilibatkan dalam kerja sama dengan industri. "Perlu kita tingkatkan lebih masif lagi ke depan karena masih ada ribuan SMK lain yang perlu kita ajak untuk bergerak bersama," kata Wikan.

Wikan berharap kolaborasi ini dapat berujung pada peningkatan kompetensi para lulusan vokasi. Kompetensi yang dihasilkan diharapkan sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia usaha. "Upaya upaya Kemendikbud ini harapannya ke depan semakin bisa berkolaborasi dengan lebih banyak pihak dan semakin bisa meningkatkan impact serta kualitas kerja samanya ke depan," pungkas Wikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *