Rusia Luncurkan Uji Coba Rubel Digital pada Akhir 2021

Gubernur Bank Sentral Rusia Elvira Nabiullina mengatakanRusia kemungkinan akan meluncurkan pilot project rubel digital pada akhir 2021. Menurutnya, prospek memperkenalkan rubel digital yang akan diuji coba dalam waktu dekat ini semakin terlihat nyata. Kendati demikian, sebelum meluncurkan program percontohan ini, Bank Rusia akan mengumpulkan masukan hingga akhir tahun ini untuk kemudian masuk pada tahap analisa dan persiapan konsep.

"Kami meyakini bahwa harus ada masa uji coba pada sejumlah pengguna secara terbatas untuk mengatasi semua masalah dan mendapatkan pemahaman terkait cara kerja rubel digital ini," kata Nabiullina. Dikutip dari laman Sputnik News, Senin (26/10/2020), ia pun optimis uji coba rubel digital bisa dilakukan pada beberapa spot di Rusia pada akhir 2021 dan mendorong kemajuan bagi negara itu. "Kami yakin proyek percontohan ini bisa dilakukan di beberapa titik pada akhir tahun depan, dan saat kami mendapatkan hasil itu, kami optimis bisa maju," tegas Nabiullina.

Menanggapi pertanyaan seberapa layak peluncuran rubel digital dalam waktu dekat ini, Nabiullina menilai hal itu masih dipertimbangkan. Sebelumnya, Bank Sentral Rusia pada awal Oktober lalu mengumumkan bahwa pihaknya sedang menilai kemungkinan untuk menerbitkan rubel digital. Namun, belum ada keputusan terkait kapan uang digital Rusia ini akan diterbitkan.

Regulator meyakini diperlukannya studi aktif dan mendalam tentang masalah ini, agar Rusia siap untuk merilis rubel digital tepat waktu saat diperlukan untuk memulihkan ekonomi Rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.